Menu Tab View

Sabtu, 23 Juni 2012

Cara Belajar Desain Sendiri/Otodidak

Setiap kita memiliki kemampuan sebagaimana orang lain, hanya prosentase kebisaan yang membedakan. bagai pepatah yang pernah kita semua dengar "Tak kenal maka tak sayang, Kita bisa karna biasa" untuk itu  dalam mempelajari apa yang kita inginkan, kenali dulu apa yang akan kita pelajari agar bisa suka/sayang dengan apa yang kita pelajari tersebut, biasakanlah terus menerus dipelajari apa yang sudah didapat agar tidak lupa andai sudah terbiasa sudah dipastikan kita pasti bisa, tak perlu berkecil hati kita semua pasti mampu.
Sebagaimana saya semua kebisaan yang saya miliki saat ini hampir seluruhnya diperoleh secara otodidak. Saya peroleh dari berbagai media dan sumber yang dipraktekan secara langsung baik skedar eksperimen maupun langsung dikomersilkan. Ini yang menjadikan inspirasi saya untuk berbagi pengalaman dalam belajar secara otodidak.

Sebelum anda memulai belajar, ada beberapa tips yang smoga bisa  membantu Anda ketika belajar sendirian (Otodidak)

1. Gunakan cara nyaman belajar pribadi anda.

Perlu disadari cara belajar setiap orang tidaklah sama, ada yang membaca teori dulu baru praktek, ada pula  yang langsung praktek tanpa mengenal teori, tidak sedikit pula yang langsung praktek setelah melogikakan atau melakukan pembahasan dengan sesekali melihat panduan teori yang ada.
Pakailah cara  yang diri anda merasa nyaman dan efektif, misal : anda bisa belajar lewat video, tutorial tertulis, atau mungkin membaca buku? atau lebih nyaman praktek sambil mengulas tutorial, silakan terapkan cara anda dan dievaluasi hasilnya. setelah anda mengerti cara nyaman belajar anda, proses belajar Anda akan lebih mudah.

2. Cari guru yang sepaham jiwa anda

Belajar sendiri bukan berarti kita benar-benar sendirian, namun kita butuh rekan atau setidaknya tempat untuk bertanya. Usahakan Anda belajar dan bertanya pada orang atau media yang bisa menjelaskan dengan dengan mudah bisa anda terima.
Hindari belajar dari pemula! dengan keterbatasan pemula mungkin malah menyeret anda ke teknik-teknik yang sebetulnya tidak praktis atau malah tidak berguna. Lebih baik belajar atau bertanya pada ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya yang cara penjelasannya sesuai dengan kepribadian anda.atau anda bisa mencari via internet, buku-buku teori atau panduan.

3. Mengetahui Global dan fungsi

Misalkan anda akan belajar membuat sebuah desain hendaklah anda mencari tahu aplikasi dan tools apa sajakah yang dipergunakan, setelah anda mengerti aplikasi yang mesti dipakai, persiapkan dan pastikan aplikasi tersebut sudah terinstall pada komputer yang anda pergunakan, pahami dan pelajari dengan seksama  tools/menu yang akan di pergunakan. Biasakan anda belajar dan mempraktekan.untuk selalu mencari solusi permasalahan Anda sendiri. Jika ada masalah yang tidak bisa anda pecahkan ketika belajar, barulah bertanya pada ahlinya atau dengan mencari pertanyaan di Google. untuk saat ini mudah saja, tinggal tuliskan pertanyaannya, saya jamin anda akan memperoleh banyak link.yang salah satunya jawaban yang sesuai anda butuhkan.

4. Belajar dan praktek bertingkat

Sesering mungkin bereksperimen membuat materi yang berbeda aplikasi dan tools yang sudah dipraktekan, dalam artian tambahlah aplikasi dan tools yang anda pergunakan pada setiap anda bereksperimen, tujuannya adalah untuk mempercepat inventarisasi kebisaan anda menguasai lebih banyak aplikasi dan tools yang mendukung materi yang ingin anda pelajari, dan yang paling penting janganlah anda menghindari pekerjaan-pekerjaan yang sulit, karena pekerjaan sulit bisa lebih cepat meningkatkan kemampuan anda dalam menguasai apa yang anda pelajari tersebut, yang tidak kalah pentingnya juga, jangan anda merasa gagal dan kesulitan dalam melakukan suatu pekerjaan, namun pelajarilah penyebab kegagalan yang ada dan selalu mencari solusi dalam setiap pekerjaan-pekerjaan yang anda rasa sulit.

5. Ikut bergabung dengan komunitas yang sesuai 

Dengan anda bergabung pada komunitas yang sesuai anda akan mendapat banyak ilmu-ilmu yang anda butuhkan, komunitas yang baik biasanya aktif jika ada diskusi baru. sebaiknya anda mencari di arsip lama untuk memecahkan permasalahan anda, bertanyalah jika solusi masalah anda belum pernah dibahas. Biasakan juga untuk ikut aktif berdiskusi di pertanyaan-pertanyaan. Ingat bahwa tujuan forum adalah sharing, bukan untuk kita pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar